Komisi II Nilai Progress Report BPN Bohongi Presiden

Indo Pos * Politik

23 Feb 2010

JAKARTA-

Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus mendapat sorotan. Kalau sebelumnya beberapa anggota DPR telah mempertanyakan kinerja lembaga yang dipimpin Joyo Winoto itu, kemarin anggota DPR dari Partai Golkar juga angkat suara. Anggota Komisi II DPR Agun Gunanjar mempertanyakan kinerja BPN dan siap memanggil lembaga ini terkait realita lapangan yang tidak sesuai dengan progress report yang dibuatnya dalam 100 hari pemerintahan SBY-Boediono.

“BPN buruk. Semua harus diperbaiki. Tidak ada kinerja dan manfaat nyata yang dirasakan masyarakat. Kami akan mempertanyakan itu nanti dalam waktu dekat ini.” ujamya kepada wartawan di Jakarta, kemarin (22/2).Menurut Agun. Komisi ll DPR sebagai Mitra Kerja BPN sering mengkritik tajam kinerja BPN. namun lembaga seperti kebal. Selain watak dan kinerja yang buruk, kata Agun, BPN itu harus benar-benar dibersihkan dari orangorang yang tidak bermanfaat bagi bangsa ini.

“SDM nya harus dibersihkan, diperbaiki dengan benar-benar. Sistem dan organisasi yang dijalankan bennasalah. Jika mereka menyebut ada keberhasilan BPN, maka saya bilang itu bohong saja,” ujar Agun.Agun menjelaskan, kampanye tentang kesuksesan BPN dalam mengurus sertifikasi tanah dan penyelesaian persoalan pertanahan melalui program Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (Larasita) adalah omong kosong belaka. “Larasita apaan Tidak ada gunanya. Coba dicek langsung apakah larasita-larasitaan itu berjalan. Tidak ada.” katanya.

Selain harus membersihkan sitem dan orangorang yang tidak becus di BPN. Agun berharap ada kemauan yang keras dari pemerintah untuk melihat langsung kinerjanya di lapangan. “Watak atau pola pikir mereka (BPN. Red) itu juga harus diperbaiki. Kalau perlu diganti saja semua orang-orang yang tidak becus di sana. Dari atas sampai ke bawah.” ujamya.

Sementara itu. Ketua Umum Forum Anti Korupsi dan Advokasi Pertanahan (FAKTA) Anhar Nasution mengatakan BPN itu penuh dengan praktik korupsi. Joyo Winoto sebagai Kepala BPN pun tak terlepas dari praktik itu. “Itu perlu diusut tuntas. Kami memiliki sejumlah data yang akurat terkait hal itu,” ujar Anhar.

Mantan anggota Komisi II DPR itu mengatakan kinerja BPN sangat buruk. Presiden harus menegur dengan keras bawahannya itu. Jangan sampai pemerintahan dijadikan ladang terselubung memperkaya diri oleh oknum BPN. “Kepala BPN itu banyak bohongnya. Rapat dengan Komisi II pun tidak pemah dihadirinya. Sampai sejauh ini. saya kasihan melihat Presiden yang dibohongi oleh BPN. Di bilang ada keberhasilan

padahal nol belaka.” ujar Anhar.

Anhar menjelaskan, selama dirinya berada di Komisi II DPR, ada 28 kasus pertanahanan yang tidak terselesaikan. Penyelesaian kasus itu disepakati akan diselesaikan oleh BPN dengan membentuk Tun Khusus untuk penye-lesaiaannya. “Disepakati dibentuk Tun Delapan yang diketuai Direktur Sengketa BPN, namun sampai masa kerja Komisi II berakhir, tidak ada satupun kasus yang berhasil diselesaikan oleh Pak Joyo ini.” ujamya.

Karena itu, kala Anhar. Fakta akan mendesak Komisi II DPR dan Ketua DPR agar segera memanggil Kepala BPN unluk menjelaskan segala sesuatu di BPN. “Bagi kami di Komisi D DPR waktu itu. kinerja BPN itu sangat buruk. Dan apa yang di-announce oleh Pak Joyo dengan keberhasilan itu adalah pembohongan publik.” ujamya.

Deputi Sengketa BPNAriyanto Sutadi mengatakan dalam kinerja 100 han kabinet, BPN memiliki seabrek program-program yang dipimpin oleh Kepala BPN Joyo Winoto. “Saya kira, selama saya di sini (BPN, Red) ada banyak program-program yang baik-baik yang dibuat oleh Pak Joyo. Bankan dalam seratus hari kinerja, ada sebelas program yng inilai berhasil.” ujar Ariyanto, (dll)

http://www.facebook.com/?ref=home#!/notes/bob-soelaiman-effendi/komisi-ii-nilai-progress-report-bpn-bohongi-presiden/408480370333

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • sssa  On 21 Desember 2011 at 1:34 PM

    Oi WAKIL RAKYAT LIHAT DULU LEMBAGA LOE BENER TAU NGK

  • Anonim  On 12 Juni 2012 at 11:25 PM

    Sudah Kenyang Harus di ganti yabg belum mendapatkan “itu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: